Surabaya, mmb.pens.ac.id – Dalam rangka membekali mahasiswa tentang proses pengeditan film, Program Studi D3 Teknologi Multimedia Broadcasting telah mengadakan kegiatan bertajuk The World of Editing. Kegiatan ini berlangsung di Ruang Teater Gedung D3 PENS dan diikuti oleh mahasiswa MMB dari berbagai angkatan. Dengan menghadirkan Sabine Eckhard dari Jerman sebagai pembicara The World of Editing.

Perlu kita ketahi bahwa proses pengeditan merupakan bagian penting yang harus dipahami ketika membuat film. Dan dengan adanya kegiatan ini, Mahasiswa mendapatkan banyak ilmu yang berkaitan dengan pengeditan film dari segi teknis maupun non-teknis. Kegiatan ini diadakan untuk mengajak mahasiswa PENS untuk lebih memahami proses pengeditan film, selain dari teknik pengambilan gambar. Menurut Fardani Annisa Damastuti, S.ST., M.T., sebagai penanggung jawab dan salah satu dosen MMB menuturkan. “Kegiatan ini dapat membatu mahasiswa agar film yang dibuatnya memiliki unsur teknik, karena sekarang banyak yang membuat film dengan maksud kekinian namun ternyata tidak sesuai dengan aturan”.

Dalam kegiatan ini, Sabine Eckhard memberikan pemaparan tentang sejarah proses editing film dan teknik pengambilan gambar. Selain itu, mahasiswa juga dikenalkan mengenai teknologi dalam proses editing, mulai dari konvensional hingga teknologi digital. Diharapkan dengan berbagai pemaparan tentang gaya pengeditan yang dapat menambah wawasan kepada mahasiswa, sehingga mereka dapat belajar lebih banyak di sisi teknis. “Banyak pesan dari industri pertelevisian kepada kami, untuk membekali mahasiswa belajar mengenai perfilman, sehingga kehadiran Sabine Eckhard dapat memberikan bekal bagi mereka untuk kedepannya,” tambahnya.

Translate