Dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75, Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) kembali menghelat webinar, pada Sabtu (15/8). Mengusung tema “Inovasi Pendidikan dan Industri Penyiaran Dalam Rangka Menyongsong Era Digital Media Platform di Indonesia”, webinar kali ini menghadirkan Dr. Ishadi Soetopo Kartosapoetro, M.Sc. selaku Komisaris Trans Media dan Ketua Creative Industry Research Center PENS, yakni Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Ph.D. sebagai narasumber. Dibuka secara simbolik oleh Direktur PENS, Dr. Zainal Arief, S.T,. M.T. kegiatan ini diikuti oleh dosen, mahasiswa, serta masyarakat umum melalui aplikasi Zoom dan live streaming YouTube.

Untuk menjunjung tinggi jiwa nasionalisme, diawal kegiatan partisipan webinar diperdengarkan dan menyanyikan bersama lagu kebangsaan Indonesia Raya tiga stanza. Dilanjutkan dengan laporan kegiatan, Kepala Departemen Teknologi Multimedia Kreatif (DTMK) PENS yakni Kholid Fathoni, S.Kom., M.T. menyampaikan langsung mengenai hal-hal yg berkaitan dengan webinar kali ini. Dalam laporan nya, Kholid Fathoni, S.Kom., M.T. memaparkan bahwa tujuan diselenggarakannya webinar ini adalah untuk meningkatkan kesadaran dalam menghadapi era digital platform pada dunia industri dan dunia pendidikan, serta memberi pengetahuan mengenai inovasi industri dalam menghadapi era digital.

Tidak hanya pelaporan, Direktur PENS yakni Dr. Zainal Arief, ST. MT. juga berkesempatan menyampaikan sambutannya. Beliau menyatakan bahwa tema webinar ini akan menambah wawasan, dimana sudah semestinya semua orang khususnya civitas akademika PENS harus sadar digital. Memasuki acara inti, Dr. Ishadi SK menjadi narasumber sesi pertama yang membawakan pemaparan dan tanya jawab mengenai inovasi menjelang era digital televisi di Indonesia dan perkembangan televisi publik. Kemudian pemaparan materi dan tanya jawab sesi kedua dibawakan oleh Drs. Achmad Basuki, M.Kom., Ph.D dengan pembahasan seputar dunia pendidikan di era media digital.

Antusiasme partisipan webinar terlihat pada saat berlangsungnya sesi tanya jawab bersama dengan narasumber. Partisipan diberi kebebasan bertanya kepada narasumber melalui fitur kolom chat pada aplikasi Zoom atau live chat YouTube yang kemudian dibacakan oleh moderator webinar. Tiba di penghujung acara, foto bersama secara virtual oleh seluruh partisipan menjadi penutup dari kegiatan webinar kali ini.

Translate