Guna meningkatkan pengetahuan tentang perkembangan cinematography dan filmmaker, Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) usai mengadakan webinar bertajuk “Documentary and Montage Movies”, pada Sabtu (3/10). Webinar yang diikuti oleh mahasiswa dan peserta umum ini, turut menghadirkan dua pembicara yang berkompeten dibidangnya. Pembicara pertama yakni Dr. Ing. Hestiasari Rante, S.T., M.Sc. selaku Dosen PENS dan Produser Film asal Jerman, Sabine Eckhard sebagai pembicara kedua.

Kegiatan diawali dengan sambutan Dr. Muhammad Agus Zainudin, S.T., M.T. selaku Ketua Program Studi Teknologi Multimedia Broadcasting (MMB) PENS. Beliau menyatakan bahwa topik yang dibawakan pada webinar kali ini relevan dengan kompetensi lulusan mahasiswa Program Studi MMB. “Melalui webinar ini mahasiswa dapat banyak belajar dari narasumber, sehingga dapat menambah pengetahuannya sebagai bekal dimasa depan,” ujar Dr. Muhammad Agus.

Memasuki acara inti yakni pemaparan materi pertama mengenai Soviet Montage Movie Technique oleh Dr. Ing. Hestiasari Rante. Teknik montage yang dikenal dalam dunia perfilman saat ini, berakar pada teknik montage para ahli film dari Soviet yang dikenalkan tahun 1910. Metode-metode montage yang digunakan dalam dunia perfilman sejak awal dikenalkan hingga sekarang pun turut dipaparkan pada materi ini.

Pemaparan materi berikutnya disampaikan oleh Sabine Eckhard yang membahas mengenai film dokumenter. Dalam kesempatan ini, Sabine juga menjelasakan berbagai persiapan yang harus dilakukan sebelum dan saat pengambilan film dokumenter. Beberapa video juga ditayangkan untuk memberi gambaran kepada peserta mengenai materi yang telah diberikan.

Antusiasme peserta tampak pada saat dibukanya sesi tanya jawab disetiap akhir sesi pemaparan materi. Dengan dipimpin oleh moderator, peserta dapat secara langsung berinteraksi dengan narasumber. Kemudian, kegiatan ditutup dengan sesi foto bersama secara virtual.

Translate