Serangkaian OPD MMK : Adakan Pameran di Taman Bungkul

Serangkaian OPD MMK : Adakan Pameran di Taman Bungkul

Tue, 26 May 2015 | Dilihat 182

EEPIS Online  Minggu (23/11) Taman Bungkul Surabaya diramaikan oleh creative rangers, sebutan warga Departemen Multimedia Kreatif (MMK). Dengan kompaknya rangers mengenakan pakaian serba ungu. Agenda ini juga dikaitkan oleh salah satu kegiatan Orientasi Pengenalan Departemen (OPD) yaitu diadakannya pameran karya seni.

Salah satu rangkaian kegiatan OPD MMK 2014 adalah diadakannya pameran hasil karya seni yang dapat diperjual-belikan. Kegiatan ini merupakan penerapan materi dan nilai-nilai yang telah disampaikan pada sesi OPD sebelumnya yakni Sense Of Belonging (SOB).

 “Jadi tujuannya untuk mengarahkan mahasiswa baru untuk dapat berkarya dengan kreatif. Nah dari hasil karya itu mereka bisa produktif, jadi hasil karyanya bisa dipasarkan dan akhirnya mereka jadi punya pengahasilan,” ungkap Adelin Damayanti Putri selaku penanggung jawab kegiatan. “Disini mereka juga bisa mempraktekkan SOB dengan cara kerja bareng sama temen-temennya,” tambahnya.

Sebanyak 84 mahasiswa baru MMK telah dibagi menjadi 5 kelompok. Tiap kelompok memiliki golongan karya yang berbeda, yakni kelompok digital, gambar manual, fotografi, kerajinan dan aksesoris. Tiap orang ditugaskan mengumpulkan hasil karya berdasarkan golongan kelompoknya.

Setelah pengumpulan karya, kegiatan dimulai pada minggu pagi. Mahasiswa departemen dari tiga angkatan berbeda berkumpul di kampus PENS pukul 05.30 WIB. Rombongan yang mengenakan kaos warna ungu tersebut berangkat pada pukul 06.15 WIB. Acara dimulai pukul 07.30 WIB ditaman yang dinobatkan sebagai taman terbaik se-Asia Tenggara tersebut.

Tiap kelompok dikumpulkan di spot yang berbeda untuk mendapatkan penugasan yang berbeda pula. Tidak sendirian, tiap kelompok didampingi oleh lima kakak tingkat atas yang akan membantu mereka dalam penugasannya. Peserta pun mulai menjajakan barang dan jasa selama 3 jam kedepan. Alhasil 2 aksesoris dan 4 post card laku terjual. Tidak hanya itu, 5 buah gambar pun telah dipesan oleh pengunjung.

“Acaranya keren, sering-sering aja diadakan acara pameran ke publik yang kayak gini. Selain bisa mengasah kreatifitas, kegiatan ini juga bisa mempromosikan PENS terlebih departemen Multimedia Kreatif,” ungkap Achmad Saputra, salah satu peserta OPD  yang berhasil memikat banyak pengunjung dengan karya doodle art-nya. (zya/nan)


Tags : MMB 



News

Go Follow :