Mahasiswa MMB Torehkan Prestasi dalam IOSA 2013

Mahasiswa MMB Torehkan Prestasi dalam IOSA 2013

Tue, 26 May 2015 | Dilihat 255

EEPIS-Online(19/9), Satu lagi prestasi kembali dipersembahkan oleh mahasiswa PENS, Pandu Aji Wirawan, dalam ajangIndonesia Open Source Award(IOSA) 2013. Penghargaan sebagai Juara 1 kategori e-book berhasil ia raih dalam kompetisi pembuatan panduan software open source tersebut. Di tahun keempat ini, IOSA 2013 diselenggarakan di Hotel Bidakara, Jakarta, pada Selasa (17/9) lalu.

IOSA merupakan ajang tahunan yang telah diselenggarakan sejak tahun 2010 lalu. Event nasional ini digelar oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang bekerjasama dengan Kementrian Riset dan Teknologi (Ristek), Komunitas FOSS (Free Open Source Software) dan Asosiasi Open Source Indonesia (AOSI).

Selama 4 hari mengikuti serangkaian event tersebut (14-16/9), Pandu harus menyelesaikan beberapa proses penjurian hingga akhirnya ia memperoleh tiket ke babak Final. Pada babak tersebut, Pandu diharuskan melakukan presentasi tentang panduan software yang dibuatnya.

“Alhamdulillah presentasinya bisa berjalan lancar. Sebenarnya sudah ingin mengikuti kompetisi ini sejak tahun lalu, akan tetapi kategori e-book baru dibuka tahun ini,” ujar Pandu.

Dalam kategori e-book, Pandu harus bersaing dengan 6 mahasiswa lainnya, dimana ia menjadi satu-satunya peserta yang berasal dari luar Jakarta. Dengan karyanya, Panduan Scribus, Pandu berhasil menyisihkan keenam mahasiswa tersebut.

Scribus adalah sebuah software yang digunakan untuk mengatur tata letak atau melayout. Software ini awalnya dikembagkan oleh Linux. Bahkan sejak kemunculannya, Scribus menjadi salah satu aplikasi di desktop utama Linux. "Nah, saya disini yang buat panduan software itu, supaya lebih interaktif dan mudah dipahami pengguna," pungkas Mahasiswa semester 5, Program Studi Multimedia Broadcasting tersebut.

Panduan Software Scribus yang merupakan karya Pandu telah memiliki 2 versi. Versi kedua Scribus di rilis 4 bulan setelah versi pertama dirilis. Software tersebut dapat diunduh disini.

“Tidak menyangka bisa meraih penghargaan ini. Awalnya saya hanya coba-coba mendaftar dalam ajang tahunan ini, Alhamdulillah bisa menang. Pesan saya, selalu lakukan apa yang ingin kalian lakukan asalkan bisa memberikan manfaat bagi orang lain,” terang Pandu. (and/sat)


Tags : MMB 



News

Go Follow :