Creanotifest Ramaikan Royal Plaza Surabaya di Akhir Pekan

Creanotifest Ramaikan Royal Plaza Surabaya di Akhir Pekan

Tue, 26 May 2015 | Dilihat 692

EEPIS Online – Craft Center Royal Plaza Surabaya tampak dihias meriah pada Minggu (10/5) lalu. Hal ini sehubungan dengan diadakannya Creative and Innovative Festival (Creanotifest) 2015. Creanotifest merupakan salah satu rangkaian kegiatan dari MMB Fest yang digelar oleh Departemen Multimedia Kreatif (MMK) Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS). Acara akbar ini tidak hanya memamerkan karya teknologi anak bangsa, namun juga memuat beragam perlombaan dan pagelaran unik yang ditampilkan mulai pukul 10.00 WIB hingga 22.00 WIB.

Craft Center yang terletak pada lantai dasar Royal Plaza Surabaya tampak berbeda tatkala diadakannya Mega Program Kerja himpunan mahasiswa Multimedia Broadcasting (MMB) tersebut yang bertemakan Back To The Future. Sejak dibuka pada pukul 10.00 WIB, puluhan anak kecil yang merupakan pengunjung mall dikawasan Surabaya barat tersebut sudah ikut menghias grafiti bertuliskan ‘MMK’ yang terletak tepat didepan gate Creanotivest. Grafiti on the spot tersebut diadakan oleh salah satu komunitas MMK, yakni desain grafis.

Tidak hanya desain grafis, juga terdapat komunitas SEMUT (Sineas Multimedia Broadcasting), Criativa Photography, K-ioS (Komunitas iOS), MAC (Multimedia Broadcasting Animation Community), ADAW (Arek Digital Audio Workstation), Creative Radio dan Programming. Tiap-tiap komunitas menampilkan berbagai teknologi menarik mulai dari live streaming radio, 3D recontractionhingga augment reality game photo yang mampu memunculkan gambar 3D saat kita berfoto dengan barcode yang telah ditentukan.

Tidak hanya pameran teknologi dari komunitas MMK, juga dipamerkan beragam karya proyek akhir mahasiswa PENS, seperti kinect budaya, RoV, Occulus, VR-lab dan E-health system. Berbagai teknologi karya mahasiswa tersebut berhasil menarik perhatian pengunjung, tercatat sekitar 250 orang pengunjung dari berbagai kalangan masyarakat hadir meramaikan acara tersebut. Para pengunjung juga dapat mencoba berbagai alat canggiih yang disediakan dengan gratis.

“Seru banget sih acaranya, aku paling suka yang occulus sama RoV. Waktu main occulus itu rasanya deg-degankayaklangsung ada didalam gamenya. Kalau RoV itu berguna banget, jadi saat dikondisi darurat, ada alat yang bakal bantu kita dengan mengirimkan alert bahwa kita dalam bahaya,” ungkap Nadia, salah satu pengunjung setelah puas mencoba sebagian besar teknologi yang disuguhkan.

Acara kian marak setelah dimulainya grand opening pukul 19.00 yang kemudian dilanjutkan dengan berbagai pagelaran, sepertiflashmoblive musicstandup comedy dan live show oleh beberapa komunitas MMK. Acara yang sudah diawali dengan seminar windows application pada 2 Mei 2015 lalu, ditutup dengan pengumuman sekaligus penyerahan hadiah dan sertifikat kepada pemenang lomba video 15 detik dan digital comic competiton(zya)


Tags : MMB 



News